Jumat, 07 Agustus 2020

JOURNAL 06082020-04

JURNAL TRADING

TANGGAL
__6 Agustus 2020

CURRENCY PAIR
__USDJPY
__AUDJPY
__EURJPY
__USDCHF

TREND
Mix, Highlight USDCHF & EURJPY

DISCUSS
Overall Result Total Profit Gain 0,31 USD dari 2,9 USD (~10%)
  • USDJPY__BUY__0,07
  • AUDJPY__SELL__0,14
  • EURJPY__SELL__0,58
  • USDCHF__BUY__-0,48
HIGHLIGHT
EURJPY

Pada kondisi ini terjadi indikasi trend Bearish. Hal itu kemudian mendapat konfirmasi dari indikator Candle (Shooting Star), kemudian MA14 sudah berada dibawah MB BB20,2. Keadaan ini terjadi diahir sesi Asia awal sesi Eropa. Sehingga harga bergerak turun, akan tetapi tidak terjadi rally, karena sentimen pasar.

KESALAHAN
USDCHF

Pada awalnya, semua sesuai dengan perkiraan berdasarkan Metode 001.BBMA/FBEQ dengan dilakukan sediki adjustment indikator. Yang kemudian harga berhasil mencapai sesuai dengan skema Metode tersebut.

Akan tetapi, terjadi ketidaksesuaian yang baru, yaitu:

  1. Metode dalam tahap ujicoba, sehingga, untuk Adjusted Setpoint, terdapat ketentuan yang berubah.
  2. Terjadi ketika harga sudah memuncak, namun kembali turun, sehingga yang tadinya EXIT #5 masih aman, ternyata terjadi trend reversal.
  3. Dalam kasus ini, trend reversal terjadi tepat setelah harga di WARNING AREA #1, yaitu ketika harga diatas level Fibonaccy Retracement. Namun pada kasus ini, Fib. level 61,8.
Kesalahan lainnya terulang kembali, meski sudah hawatir akan terjadinya reversal, dikarenakan sudah akan berahir sesi perdagangan Eropa (22:00 GMT+7).


Kesimpulan
  • TEPATI target yang telah di set-up, sebenarnya harga sudah memasuki target, namun terlambat untuk keluar, sehingga turut terbawa trend reversal, serta terjadi dibawah garis Take Profit.
  • STOP TRADE ketika masa transisi market.
  • Menjadi penyempurnaan Metode 001.BBMA/FBEQ bahwa, untuk variasi setpoint, agar memperhatikan ketentuan, bahwa EXIT harus sesegera mungkin setelah menyentuh WARNING Area #1.
  • Pemantauan harga saat menggunakan skema ini, ada baiknya dengan rentan waktu yang lebih singkat (M1 atau M5), agar pergerakan harga dapat segera terdeteksi.
GOOD LUCK



Tidak ada komentar:

Posting Komentar